Travel & Review Blog

Review: Hotel – Metland Hotel Cirebon

Review: Hotel – Metland Hotel Cirebon

Terletak tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Cirebon dan beberapa ikon wisata Kota Cirebon, Metland Hotel dapat menjadi salah satu pilihan bagimu untuk beristirahat dan menikmati aktivitasmu dikala hari libur!

 

Awal bulan Mei silam, secara impulsif orangtuaku mengajak untuk berlibur ke Cirebon. Dalam hati sih bertanya-tanya, “emang ada apaan ya di Cirebon?” hehe.

Jadi ada apa saja di Cirebon, mari kita kesampingkan terlebih dahulu tentang serba-serbi Cirebon karena hal tersebut akan dibahas pada postingan berikutnya hehe. Serba-serbi Cirebon, baca disini!!

Aku ditugaskan untuk mencari tahu ada apa saja di Cirebon (dan sekitarnya) dan disuruh menentukan tempat untuk menginap di sekitar sana. “Cari yang dekat dengan stasiun!” hanya itu arahannya. Setelah berpikir panjang, akhirnya menentukan akan menginap di Metland Hotel. Kami berangkat bertiga dan rencananya hanya memesan satu kamar saja.

Saya pilih kamar tipe Deluxe via Traveloka, karena saat itu yang tersisa hanya Deluxe dan Suite. Sengaja tidak pilih Suite karena di foto terlihat terlalu besar dan harganya cukup tinggi. Ingat, ini weekend 🙂 Begitu kami tiba di Stasiun Cirebon malam hari, mobil penjemput dari Metland Hotel sudah tiba karena sebelumnya Ibuku sudah menelepon dan request untuk dijemput. Jarak dari Stasiun ke Hotel ternyata dekat, tidak sampai 10menit sudah tiba.

 

AMBIENCE and LOOKS

Terlihat dari luar, cukup mentereng dengan lampunya yang semi-terang namun memberikan kesan classy. Di depan terpasang tulisan METLAND, namun salah satu hurufnya ada yang lampunya mati hehe. Tapi tidak jadi masalah 🙂
Kesan pertama begitu masuk, minimalis sekali. Tipikal hotel-hotel jaman kini yang mengedepankan desain minimal. Saya suka.

 

                                                                                  Counter Service – Lobby

 

Ruangan lobby cukup luas dan terdapat banyak sofa untuk bersantai. Begitu masuk akan langsung disambut oleh counter service. Terdapat banyak hiasan seperti batik-batik, pula terdapat backdrop bertuliskan Metland Hotel, lengkap dengan frame instagram yang dapat digunakan untuk berfoto. Ruangannya bersih dan penerangan pun memadai. Bikin tenang 🙂

 

                                                                               Ruang tunggu – Lobby

 

ROOM and ATTRIBUTES

Tipikal hotel dengan electric card sebagai kunci. Begitu masuk ke kamar…kesan pertama agak sempit sejujurnya, mungkin dikarenakan kami akan menginap bertiga dalam satu ruangan ini ya. Di Traveloka tertulis luas kamar 21 sqm. Kalau saya kira-kira, panjangnya 7m, dengan lebar 3m saja. Karena memang kamarnya cenderung panjang.

 

                                                       Koridornya mayan panjang (maaf ada Bapak saya ehe)

 

Kamar mandi dengan shower permanen, lengkap dengan air hangat, WC duduk, serta wastafel. Oh, satu yang saya agak sayangkan disini, toiletriesnya sedikit pelit hehe. Untuk sikat gigi dan odol sih berjumlah dua pasang. Tapi untuk shampoonya hanya satu, pula untuk sabunnya. Namun di sisi lain terdapat pula body lotion gratis. Tapi kalau orang kayak saya sih ngga akan terpakai yang begitu.

 

                                                                          Kamar Mandi

 

                                                                                   Toiletries

 

Untuk ukuran kamar dua orang dengan twin bed, kalau kamu seorang muslim, rasanya perlu menggeser sedikit kasur bilamana hendak menunaikan ibadah sholat. Karena arah kiblatnya tidak segaris dengan sudut kamar, agak miring sedikit, jadi akan terasa sempit bila sholat dalam keadaan tsb.

 

                                                                   Twin Bed digeser biar ada space sholat

 

Layaknya hotel bintang 3 lainnya, sebuah brankas, beberapa buah hanger baju, satu paket lengkap alat penyeduh air panas beserta cangkir-cangkirnya, tersedia pula disini. Air minum kemasan ukuran 600 mL 2 botol juga tersedia. Terdapat pula 2 botol ukuran 1.5L dengan label harga Rp15.000,-.

Oh iya, wifinya lumayan juga btw. Kamu bisa laptopan + wifi-an di meja dan disela-sela nyenderin punggung di kursi, kamu bisa nyambi lihat pemandangan dari jendela. Gunung Ciremai kelihatan lho!

 

                                                             Barangkali mau laptopan sambil tengok jendela

 

FOODS

Satu kamar memiliki jatah 2 porsi untuk sarapan dengan tipikal buffet all you can eat. Untuk makanan tersedia pilihan Nasi Putih, Nasi Goreng, Sayur, 2 jenis lauk, dan 2 jenis kerupuk (kerupuk udang dan kerupuk kecil yang warna-warni itu lhoo).
Tersedia pula stand bubur, minuman, omelette, cereal, roti, dan dessert. Satu hal yang senangi di restaurantnya, terdapat stand tahu gejrot dan nasi jamblang. Kedua makanan ini adalah khas cirebon, jadi menurut saya keren aja mereka menyendirikan stand-stand tersebut. Nilai plus 🙂

 

                                                          Stand Nasi Jamblang (kanan) dan Tahu Gejrot (kiri)

 

Secara taste, saya fine-fine saja dengan rasa yang disajikan. Tidak ada yang spesial, namun tidak ada yang kurang. Pelayanannya pun juga ramah-ramah dan tanggap dalam mengangkut piring kotor.

 

                                                             Stand Cereal, beverages, pastry, dan omelette

 

                                                                             Restaurant’s ambience

 

SERVICE and FACILITIES

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, terdapat mobil yang bisa diminta untuk menjemput dengan driver yang ramah. Mereka juga memiliki akses/link ke beberapa driver/guide profesional perihal wisata Cirebon. Ibu saya request dicarikan dan langsung diberikan contact person si guide+driver tsb, dan terbukti memuaskan 🙂

Oh iya, buat kamu yang gemar olahraga panahan/archery, tiap hari Minggu, Metland Hotel memiliki kegiatan khusus yaitu Archery Game. Dimulai pukul 8 pagi dan berakhir pukul 10. Sayangnya saya tidak bisa ikut karena dari pagi mesti ke Goa Sunyaragi hehe.

 

OVERALL

Secara keseluruhan, saya pribadi puas-puas saja menginap di Metland Hotel. Dengan rate kamar 540k/night (ini weekend), saya rasa fair saja, mengingat fasilitasnya cukup lengkap dan lokasinya strategis. Tapi untuk kedua orangtua saya, mereka kurang suka dikarenakan kamarnya yang kurang luas. Saya pribadi cukup setuju sih, tapi mungkin akan lain cerita jika menginap disini sendirian atau berdua saja.

Kebetulan karena kemarin saya dan keluarga menginap hanya untuk istirahat tidur alias lebih banyak aktivitas di luar hotel, menurut saya cukup sayang. Mungkin lain waktu jika tujuannya wisata saja, kami akan cari hotel lain. Namun bila memang tujuannya untuk semacam leisure time dan akan banyak di hotel, tidak ada salahnya saya memilih hotel ini lagi 🙂

 

Score
Service : 8/10
Ambience : 8/10
Facilities : 7/10
Foods : 7/10
Cleanliness : 8/10

 

Share it via :


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.